Friday, June 20, 2008

BBM Naik, Pajak Naik, ---> Bike to work.. :-)

Pajak Kendaraan Bermotor Naik 16,66 Persen
Sabtu, 14 Juni 2008 | 10:06 WIB
JAKARTA, SABTU - Di tengah beratnya beban hidup masyarakat seiring naiknya harga BBM akhir Mei lalu, kini beban tersebut akan bertambah jika kenaikan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan asuransinya sebesar 16,66 persen benar-benar terealisasi.
Brigjen Polisi Yudi Susharyanto, Direktorat Lalu Lintas Mabes Polri kepada Radio Sonora, Sabtu (14/6), mengatakan, kenaikan sebesar 16,66 persen tersebut sungguh mengagetkan. Hal ini karena pemberlakuan kenaikan tidak disosialisasikan terlebih dahulu. "Mestinya jauh-jauh hari sebelum kenaikan sudah disosialisasikan kepada masyarakat, baik melalui media cetak, elektronik, atau menggunakan spanduk-spanduk," kata Yudi.
Masyarakat juga perlu mengetahui urusan kenaikan pajak kendaraan menjadi tanggung jawab dispenda, sementara Polri bertugas dalam identifikasi forensik kendaraan, dan Jasa Raharja menangani asuransi. (Sonora/Yumar)


Solusinya bike to work ?
sepertinya nyaman bener......

13/06/2008
16:05 WIB

BBM Naik, Warga AS Goes Sepeda

Rita Uli Hutapea - detikcom
Washington - Dampak kenaikan harga BBM juga dirasakan sebagian warga AS. Bahkan demi penghematan, mereka kini mengayuh sepeda untuk pergi ke tempat kerja.

Kota-kota di AS sebenarnya telah lama menggalakkan pemakaian sepeda bagi para komuter. Tujuannya untuk mengurangi kemacetan lalulintas dan polusi udara. Namun kini, pemakaian sepeda kian meningkat seiring kenaikan harga BBM di AS.

Masyarakat di kota-kota seperti Chicago, Washington, Portland dan Oregon misalnya. Kini, kian banyak warga yang memanfaatkan jalur sepeda, sistem transit ramah sepeda dan lokasi-lokasi parkir sepeda yang telah dibangun di kota-kota tersebut beberapa tahun terakhir.

"Dua belas tahun silam, saya biasa bersepeda menuju City Hall dan kerap kali di jalanan hanya seorang diri," kata Ben Gomberg, koordinator program sepeda Chicago belakangan ini.

"Sekarang, sering ada 17 atau 18 pesepeda yang berhenti di persimpangan," imbuh pria itu seperti dilansir kantor berita Reuters, Jumat (13/6/2008).

Tidak seperti di Eropa, pemakaian sepeda untuk transportasi di AS masih terbilang sedikit Padahal 40 persen perjalanan individu di AS berjarak kurang dari 3,2 kilometer.

Di AS yang terkenal akan kecintaan warganya pada mobil itu, kurang dari 1 persen perjalanan individu dilakukan dengan sepeda. Sedangkan di sejumlah negara Eropa, persentasenya bisa mencapai 30 persen.

Namun tingkat pemakaian sepeda di beberapa kota AS belakangan ini terus meningkat, apalagi sejak kenaikan harga BBM. Di Portland misalnya, dalam survei 2006, sebanyak 5,4 persen warganya menggunakan sepeda sebagai transportasi utama mereka menuju tempat kerja.

Demikian dikatakan Scott Bricker, pimpinan kelompok pesepeda Bicycle Transportation Alliance. Jumlah itu, ujarnya, terus meningkat dalam tiga tahun terakhir. Portland dianggap sebagai kota paling ramah sepeda di Amerika. ( ita / nrl )
Sumber ; Detik

[posted for blogger.com]