Sunday, April 13, 2008

Naiknya Permukaan Laut

Ini dia artikel yang akan membuat bulu kuduk anda berdiri.

Di tahun 2100, diperkirakan oleh pakar lingkungan hidup sedunia permukaan air laut secara global akan naik 1 meter dari permukaan air laut sekarang. Bayangkan apabila hal tersebut akan benar-benar terjadi sekarang. Masya Allah!

Perkiraan ini bukan merupakan omong kosong belaka, melihat perubahan cuaca secara global akibat pemanasan global, yang membawa bencana alam di penjuru dunia beberapa tahun terakhir ini. Estimasi model perkiraan kenaikan permukaan laut tersebut dapat anda lihat di situs Sea Level Rise. Di situs tersebut, secara visual & berdasarkan kategori warna, mencoba menggambarkan daerah-daerah & kota-kota mana saja di dunia yang akan tertutup oleh air laut karena global warming, yang diperkirakan akan terjadi 100 - 200 tahun lagi. Anda juga dapat melihat visualisasi aplikasi ini lebih interaktif dengan menggunakan software Google Earth (FREE).

Saya sudah melihat kota Surabaya dan Jakarta yang akan tenggelam, jika air laut terus naik sampai 7 meter!! Masyaallah...

Diperkirakan apabila seluruh lapisan es di Greenland dan kutub selatan (Antartika) mencair, permukaan air laut yang akan naik adalah kurang lebih 65 meter!! Bahkan cuma dataran tinggi seperti di Bandung dan Malang saja yang akan selamat di pulau Jawa.

Data perkiraan kenaikan permukaan air laut tersebut diolah dari data yang diperoleh oleh CGIR, NASA dan NOAA.
Berikut Sea Level Rise Explorer untuk Jakarta & Jawa Barat. Anda bisa menggeser ke peta daerah/kota yang ingin anda lihat.