Monday, April 07, 2008

Pernyataan Perdana Menteri Belanda

Pernyataan Perdana Menteri Belanda,Balkenende, 1 April 2008, sehubungan film Geert Wilders ditayangkan di internet.

Sehubungan dengan film sebagai berikut: Den Haag, 27 Maret 2008
Pernyataan Perdana Menteri Belanda

Atas nama Pemerintah Belanda, saya ingin memberikan tanggapan atas film Wilders yang ditayangkan di internet. Film ini memperlihatkan gambaran kekerasan dan menyatakan bahwa Islam dan Al Quran bertanggung jawab atas tindakan tersebut. Pemerintah Belanda mengutuk tindakan ini dan para pelakunya. Dalam film ini, Islam diibaratkan dengan tindakan kekerasan. Kami tidak setuju dengan penafsiran ini. Mayoritas umat Islam menolak ekstremisme dan kekerasan.

Namun sebaliknya umat Islam justru sering menjadi korban tindakan kekerasan. Oleh karena itu, kami menyesal bahwa Wilders telah mengeluarkan film ini. Kami tidak melihat manfaat dari film ini kecuali hanya untuk menyinggung perasaan. Namun perasaan tersinggung tidak boleh dijadikan alasan untuk melakukan penyerangan dan ancaman. Pemerintah Belanda merasa berbesar hati dengan reaksi awal yang terkendali dari organisasi Islam di Belanda. Umat Islam, umat Kristen serta umat dengan aliran kepercayaan lainnya dapat hidup bersama dalam damai.

Masalahnya bukan terletak pada agama, namun pada penyalahgunaan agama untuk menaburkan kebencian dan sikap tanpa toleransi. Oleh karena itu, kami menyerukan dengan segenap hati untuk menghargai keyakinan seseorang. Kami sadar bahwa dalam masyarakat Islam internasional tumbuh kekhawatiran dan emosi sehubungan dengan film ini. Akhir-akhir ini, kami telah membahasnya dengan berbagai pihak baik di negeri Belanda maupun di luar negeri untuk menumbuhkan saling pengertian. Dan kami akan terus melakukannya.

Pemerintah Belanda berhadapan dengan sebuah masyarakat dimana kebebasan dan saling menghargai berjalan berdampingan. Masyarakat semacam ini menuntut dedikasi dan komitmen yang tinggi. Kami memberantas ekstremisme. Dan bagi siapa saja yang melanggar hukum akan dikenakan sangsi berat. Mari kita bersama menyelesaikan segala permasalahan. Mari kita raih bersama demi tumbuhnya keyakinan dan kepercayaan. Mari kita taklukan prasangka buruk. Kita pasti akan berhasil melakukannya.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------

Itulah tanggapan Pemerintah Belanda atas penayangan film Wilders yang menghebohkan dunia itu. Sebaiknya lah kita tidak langsung terpancing emosi, melakukan tindakan anarkis, yang nantinya malah makin mencoreng nama agama Islam di mata dunia. Mari kita tunjukkan bahwa kita bisa lebih mengutamakan intelektual, ketimbang emosional. Sekaligus juga pesan untuk masyarakat Belanda disana,...

Bahwa kebebasan berpendapat bukan berarti membenarkan seseorang untuk mengganggu agama & ras orang lain...