Monday, May 12, 2008

4-9 Juni, Jakarta Utara Terancam Gelombang Pasang

Senin, 12 Mei 2008 | 20:51 WIB


JAKARTA, SENIN- Pada 4-9 Juni diperkirakan akan terjadi kembali gelombang pasang di pantai utara Jakarta, setinggi 2,3 meter. Gelombang pasang itu diperkirakan lebih tinggi dan lebih kuat dibanding gelombang pasang awal Mei lalu di Jakarta Utara yang mencapai 2,18 meter.

Untuk mengatasinya, Pemprov DKI Jakarta sudah meninggikan tanggul sementara dari Muara Baru, Pluit, dan Luar Batang dari batu yang dirangkai dalam bronjong. Menurut Wishnu Soebagyo Yusuf, Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI jakarta, tanggul sementara itu sudah ditinggikan 50 sentimeter, menjadi 250 sentimeter dari permukaan air laut.

Tanggul sementara itu, kata Wishnu, diperkirakan mampu menahan gelombang pasang yang akan datang pada awal Juni nanti. Tanggul yang lebih permanen akan dibangun dibelakang tanggul sementara dengan ketinggian tiga meter di atas permukaan air laut.

Pembangunan akan berlangsung mulai Juni sampai Oktober. Tanggul nonpermanen yang sudah ada akan dibiarkan menjadi pemecah gelombang sehingga beban hantaman air yang diterima tanggul permanen tidak terlalu keras, agar tidak cepat rusak. (ECA)

Emilius Caesar Alexey